Artikel

Airlangga: Golkar Segaris dengan Presiden

Jakarta, (Ngompol) – Pada Kabinet Kerja I, Golkar menempatkan sejumlah kadernya di jajaran menteri. Di antaranya Airlangga Hartarto (menteri perindustrian), Agus Gumiwang Kartasasmita (menteri sosial), dan Luhut Binsar Panjaitan (menko kemaritiman). Pada Jilid II ini Golkar berserah pada Presiden.

Catatan baru Partai Golkar di kontestasi politik pasca reformasi memberikan angin segar bagi partainya. Dengan keberhasilan mengantarkan calon presiden dan wakilnya menang dalam pemilu. Namun dengan catatan sejarah itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto mengaku tak ingin memaksakan jatahnya di pemerintahan lima tahun ke depan.

Baginya, porsi kursi menteri untuk partai yang dia pimpin lebih baik dari periode sebelumnya. “Kami menyerahkan (kursi menteri, red) sepenuhnya kepada presiden. Karena Golkar segaris dengan Presiden,” ungkap Airlangga.

Menurut Airlangga, meski Presiden Jokowi sudah menyiapkan komposisi menteri untuk periode mendatang dari profesional sebanyak 55 persen dan parpol 45 persen, namun hal itu tidak akan memberikan keraguan darinya akan jumlah kader-kader Golkar berada di kabinet. Sebagai parpol yang sudah lama di kancah demokrasi Tanah Air, Golkar memiliki kader-kader potensial. Baik yang politikus murni maupun profesional yang berada di jalur Partai Golkar.

“Saya rasa kami tidak perlulah untuk meminta-minta. Pak Presiden telah bisa menilai kinerja Golkar. Baik di kabinet maupun selama Pilpres 2019 lalu,” ungkapnya.

Begitu juga menyiapkan kader dalam menjaga pilar demokrasi. Jika beberapa parpol sudah melakukan kongres atau muktamar, Airlangga mengaku Partai Golkar tidak perlu terburu-buru menggelar musyawarah nasional (munas). Partai berlambang pohon beringin tersebut sudah berpengalaman dan maju dalam menyiapkan kader yang mengawal demokrasi.

Jika munas itu untuk mencari ketua umum, partai berwarna kuning memiliki pentolan yang sangat berpengalaman. Maka tidak perlu berebut. “Sistem sudah ada. Tidak perlu terburu-buru.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top