Uncategorized

PSI Tolak PIN Emas DPRD DKI

Jakarta, (Ngompol) – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak pin emas anggota DPRD DKI Jakarta. Partai yang pernah memberikan award ‘Gabut’ kepada DPR ini menganggap pengadaan pin emas untuk para anggota Dewan hanya menghamburkan uang.

“PSI menyadari pin penting sebagai identitas jabatan anggota Dewan. Kami persoalkan adalah biaya ini. Kenapa emas? Kita hitung dari anggaran yang ada berarti pin senilai Rp 5 juta untuk dipakai,” ucap Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest, Selasa (20/8).

Rian mengatakan anggaran pengadaan pin emas senilai Rp 1,3 miliar bisa dikurangi dengan mengubah bahan emas menjadi bahan lebih rendah, seperti kuningan. Ia mengatakan penghematan anggaran dari pengadaan pin emas bisa dialokasikan untuk program pemerintah lain yang lebih bermanfaat.

“PSI Jakarta telah mengusulkan kepada Sekretariat Dewan untuk menggunakan pin yang terbuat dari kuningan khusus untuk delapan anggota terpilih dari PSI pada saat pelantikan nanti,” ujar anggota DPRD terpilih dari PSI Idris Ahmad, Selasa (20/8).

Alih-alih ingin mengecilkan pengeluaran uang pemerintah, PSI justru kena semprot. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari F-Gerindra M Taufik menyebut Partai Solidaritas Indonesia hanya mencari sensasi terkait sikapnya yang menolak pin emas.

“Kalau mencari popularitas, memang begitu, sekalian dong tolak terima gaji kalau begitu. Kan katanya pemborosan anggaran. Jangan tanggung-tanggung kalau nolak,” ucap M Taufik kepada wartawan, Rabu (21/8).

Menurut politikus Gerindra itu, tak ada yang salah dengan pemberian pin emas itu. Taufik mengatakan pin emas untuk anggota DPRD DKI sudah sesuai dengan aturan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2019, tentang Hak Keuangan Dewan, dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Namun, di pasal 9 hanya menyabut anggota dewan mendapat tunjangan kesejahteraan berupa pakaian dinas, dan atribut. Tidak dijelaskan soal pin harus tertulis emas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top