Artikel

PAN Usul 10 Pimpinan MPR

Jakarta, (Ngompol) – Jumlah pimpinan MPR RI periode 2014 – 2019 sebanyak 8 kursi pasca revisi UU MD3 (MPR,DPR,DPD dan DPRD) pada April 2018 silam, dan melalui revisi jumlah pimpinan MPR RI ke depan akan kembali menjadi 5 kursi pimpinan. Tapi, PAN usul pimpinan MPR sebanyak 10 kursi untuk menghindari kegaduhan politik.

“Agar tak terjadi kegaduhan politik dengan sistem paket, dan jumlah paket itu akan lebih dari satu paket dalam pemilihan pimpinan MPR RI plus DPD MPR RI, maka sebaiknya revisi UU MD3 itu dilakukan dengan muasyawarah mufakat menjadi 10 kursi pimpinan MPR RI,” tegas Waketum PAN Viva Yoga Mauladi di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (8/8).

Berdalih agar tak jadi kegaduhan, saran ini justru dinilai PDIP sebagai potensi kegaduhan itu sendiri. Politikus PDIP, Eva Sundari menilai, usulan PAN tersebut tidak masuk akal. “Masak mau ubah aturan? Nggak masuk akal,” katanya, kepada wartawan, Senin (12/8).

Tanggapan juga datang dari Golkar, yang mengatakan lebih baik kini menjalankan UU MD3 hasil amendemen terlebih dahulu. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut proses penentuan komposisi pimpinan MPR periode 2019-2014 itu dilakukan melalui perdebatan yang panjang. Karena itu, ia merasa akan sangat tak pantas bila UU MD3 hasil amendemen itu saja belum dilaksanakan namun, ingin mengajukan perubahan kembali.

“Kita sudah melakukan amandemen UU MD3 tahun 2018. Tak elok rasanya jika UU baru diamandemen dan belum dilaksanakan kemudian diamandemen kembali. Lebih baik terapkan dulu UU MD3 itu dengan komposisi yang sekarang. Masa UU belum diterapkan, tapi sudah mau diubah kembali,” ujar Ace kepada wartawan, Senin (12/8).

‘Kursi panas’ ini memang sedang menjadi incara dari berbagai partai. Baik dari partai pendukung Jokowi-Ma’ruf juga dari partai lawan di pilpres 2019. Memang tercetusnya ide dari PAN ini berawal dari pernyataan PDIP yang membuka peluang membuat paket pimpinan MPR bersama eks partai koalisi Prabowo Subianto dengan syarat mendukung amendemen terbatas UUD 1945.

Adapun sepuluh pimpinan MPR RI tersebut terdiri dari 9 kursi untuk 9 fraksi MPR RI (PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP), dan satu kursi untuk DPD RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top