Artikel

Megawati Kembali Terpilih Jadi Ketum PDIP

Jakarta, (Ngompol) – Megawati Soekarnoputri sah memperpanjang rekornya sebagai ketua umum terlama. Kongres V PDIP di Bali kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

Megawati Soekarnoputri kembali dipilih secara aklamasi oleh pengurus DPD dan DPC se-Indonesia sebagai ketua umum PDI Perjuangan untuk masa periode 2019-2024. “Semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai ketua umum PDIP periode 2019-2024,” tutur Megawati.

Seakan-akan Megawati tidak kaget ketika dirinya kembali diminta memimpin PDIP. Pada Rapat Koordinasi Nasional di Jakarta sebelumnya, kata Mega, 34 DPD provinsi di Indonesia sudah mengusulkan dirinya kembali menjadi ketua umum. “Usulannya meminta saya kembali sebagai ketum,” katanya.

Megawati mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan para kader PDIP. Dia berharap dapat mengemban jabatan sebaik mungkin.

Setelah kembali terpilih secara aklamasi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memastikan tak akan ada ketua harian di partai tersebut pada periode 2019-2024. Isu pembentukan jabatan ketua harian muncul jelang Kongres V PDIP yang berlangsung di Bali, 8-11 Agustus 2019.

Presiden RI kelima itu menegaskan ia saat ini diberi mandat oleh kongres sebagai formatur tunggal partai. Sehingga memiliki wewenang untuk menentukan apa saja jabatan dan siapa yang menjabat di DPP. Megawati pun menegaskan tak akan mengadakan jabatan ketua harian maupun wakil ketua umum.

Dalam kancah politik, Megawati telah makan asam garam. Dia pernah menjadi ketua umum PDI pada 1996. Kemudian pada 1999, dia mendirikan PDI Perjuangan sekaligus menjadi ketua umum. Megawati lalu menjadi presiden Republik Indonesia ke-5 menggantikan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top