Uncategorized

Kongres V PDIP Prabowo dan SBY Akan Hadir?

Jakarta, (Ngompol) – Hubungan Partai Gerindra dengan PDI Perjuangan lagi harmonis-harmonisnya. Kabar terbaru, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dipastikan hadir dalam arena Kongres V PDIP di Bali Kamis (8/8). Dalam konteks politik, hubungan antara Megawati dan Prabowo mengalami pasang surut.

Keduanya pernah bersatu menjadi pasangan capres-cawapres pada Pemilu 2009. Namun, perolehan suara mereka kalah oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu berpasangan dengan Boediono.

Pada Pilpres 2014, Mega dan Prabowo berada di posisi berseberangan. PDIP menjadi motor koalisi pengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, sedangkan Prabowo kembali mencalonkan diri bersama Hatta Rajasa. Selama lima tahun terakhir, Prabowo dan Gerindra menjadi motor kelompok oposisi, sedangkan Mega dan PDIP adalah motor koalisi pendukung pemerintahan.

Kepastian Prabowo akan hadir dalam Kongres PDIP itu disampaikan Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria saat dikonfirmasi kemarin. “Sejauh ini bisa saya pastikan Pak Prabowo akan hadir di kongres PDIP di Bali,” ucap Riza kepada Jawa Pos di Jakarta kemarin (5/8).

Dia mengungkapkan, surat undangan dari DPP PDIP sudah sampai di kantor DPP Gerindra. Surat pun telah disampaikan ke Prabowo. Prabowo pun telah menyanggupi untuk menghadiri undangan itu. Riza berani memastikan bahwa rencana kedatangan Prabowo ke kongres PDIP bukanlah sinyal bahwa Gerindra merapat ke gerbong pemerintah. Momen itu sama sekali tidak terkait dengan opsi koalisi atau oposisi.

Tak hanya itu, PDIP juga mengaku terbuka untuk mengundang ketua umum parpol lain, termasuk Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berdasarkan pengakuan Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean kehadiran SBY di Kongres PDIP terbilang cukup lebar. Mengingat setelah wafatnya Ani Yudhoyono, Presiden RI keenam itu sudah menyatakan kesiapan diri kembali ke pentas politik tanah air.

“Melihat kondisi saat ini di mana beliau (SBY) mengatakan siap terjun kembali ke dunia politik mungkin saja dan sangat mungkin pak SBY memenuhi undangan tersebut. Peluangnya sangat terbuka lebar untuk hadir di Bali,” tandas Ferdinand.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top