Artikel

Garbi Akan jadi Parpol, Fahri: Ini Tanda Akhir PKS

Jakarta, (Ngompol) – Fahri Hamzah memastikan organisasi kemasyarakatan (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia atau Garbi akan bertransformasi menjadi partai politik dalam waktu dekat.

Dengan kelahiran partai ini Fahri mengatakan, Gerakan Arah Baru Indonesia atau Garbi menjadi tanda akhir dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Fahri menyebut, keputusan tersebut diambil setelah lebih dari satu tahun bergerak ke seluruh Indonesia dan mendapat banyak dorongan agar Garbi diteruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk parpol. Ia juga mengatakan Garbi lahir dari konflik internal di dalam PKS.

Dia menyebut, keputusan menjadikan Garbi sebagai partai politik baru dibicarakan dalam pembicaraan yang non formal. “Tinggal menunggu waktu saja kapan kita formalisasi dibentuk parpol,” kata Fahri lewat pesan suara yang dikirimkan kepada Tempo pada Kamis, (11/7).

Menurut Fahri, Garbi menjadi wadah bagi kader-kader PKS, terutama anak muda, yang merasa tidak cocok dengan kultur PKS. Fahri memandang kader-kader ini adalah mereka yang merasa pendapatnya tidak dihiraukan. Akibat pergolakan di dalam tubuh partai ini, kata Fahri, banyak kader PKS yang mengundurkan diri sebagai calon legislatif, ada pula daerah-daerah yang menyatakan diri mundur secara total.

“Saya kira ini yang saya sebut sebagai tanda akhir. Karena sudah ada peristiwa yang begitu besar,” kata dia.

Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, partai baru yang hendak dia bentuk nantinya diharapkan bisa memecah kebekuan politik di Indonesia dan bisa memberikan ide-ide baru untuk membangun bangsa. Selain itu, Fahri mengatakan Garbi nantinya tak ingin terjebak dalam untuk terpaku pada satu spektrum ideologi tertentu dalam perjuangannya.

PKS mempersilakan ormas Garbi besutan Fahri Hamzah dan Anis Matta bertransformasi menjadi sebuah parpol. Namun, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memperingatkan agar Garbi tidak mengambil kader partainya. Namun, jika toh Garbi ingin mengambil kader PKS, Mardani menilai partainya sudah memiliki cara tersendiri untuk mencegah migrasi kader.

“Kalau mereka mau buat (partai) monggo. Tapi kalau mau mengambil punya PKS, PKS punya mekanisme pertahanan diri. (Kader) yang lain saja,” kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (11/7).

Menurut dia, PKS tak akan menjadikan Garbi sebagai pesaing dalam dunia politik. Ia pun mengaku telah mengetahui niat Garbi menjadi parpol dari Fahri Hamzah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top