Artikel

Desas-Desus Koalisi, Airlangga Utamakan Parlemen yang Kuat

Jakarta, (Ngompol) – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, pada dasarnya partai politik koalisi Joko Widodo-Ma’ruf Amin terbuka atas bergabungnya partai politik lainnya. Airlangga menekankan, fokus utama dari unsur pendukung Jokowi-Ma’ruf adalah bagaimana menciptakan kekuatan yang mayoritas di parlemen.

“Yang paling penting kalau dilihat secara politik adalah di parlemen ya. Konfigurasi (koalisi) politik harus mendorong parlemen yang kuat,” ungkap Airlangga saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (12/6).

Airlangga menjelaskan, partai politik yang memiliki kursi signifikan di parlemen ini dapat diterima dengan baik di koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf demi menggolkan program-program yang direncanakan. Tidak menjadi soal meskipun “teman baru” ini belum mempunyai chemistry dengan parpol yang sudah bergabung sebelumnya. Menurut dia, mendapatkan chemistry satu sama lain hanya persoalan waktu.

Kendati demikian, Airlangga menegaskan bahwa saat ini belum ada perbincangan formal mengenai rencana masuknya partai politik yang sebelumnya berada di oposisi ke koalisi pendukung pemerintahan.

Dalam hal ini ia juga menegaskan, perubahan konfigurasi koalisi di kubu Jokowi-Ma’ruf pasti akan dibincangkan dengan seluruh partai politik anggota koalisi. Berbeda dengan formasi kabinet yang merupakan wewenang Presiden sepenuhnya.

“(Formasi kabinet) nanti tunggu Presiden. Kalau pembahasan soal koalisi, dibahas dengan anggota koalisi lainnya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top