Artikel

Tak Lolos, Partai Pendukung Jokowi Sadar Diri Akan Jatahnya

Jakarta – (Ngompol) – Pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf jika menang nanti sudah menyusun rencana di kabinetnya nanti, bahkan Jokowi sudah membeberkan jangan kaget jika nantinya ada menteri diisi oleh generasi muda.

Sejumlah partai pun sudah meminta jatahnya, seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar berikan kode keras. Sementara itu empat partai pendukung Jokowi lainnya yang tak lolos ke parlemen, tak berharap banyak. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memastikan tidak akan mengajukan nama calon menteri.

“PSI tahu ‘ukuran baju’,” ujar Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Minggu, (9/6). Tidak masuk DPR, PSI tidak akan memajukan calon menteri kepada Presiden Jokowi.

Senasib seperjuangan, Perindo juga sadar diri akan jatah menteri bagi partainya. Sekretaris Jenderal Perindo Ahmad Rofiq menyarankan di periode kedua ini, sangat penting bagi Jokowi untuk membentuk zaken kabinet. “Kandidat menteri harus yang punya kapasitas, dapat diandalkan dan terpenting mau mengabdi untuk rakyat,” ujar Rofiq.

Wakil Ketua Umum DPP Hanura Gede Pasek Suardika mengatakan, partainya menyerahkan urusan menteri sepenuhnya kepada Jokowi. Hanura punya banyak figur yang kuat, tetapi untuk nama diserahkan kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin. “Biar beliau leluasa menata yang terbaik untuk rakyat. Urusan nama biar urusan ketua umum dan Ketua Dewan Pembina saja yang bicara dengan Jokowi,” ujar Gede Pasek.

Justru berbeda dengan partai di atas, PKPI masih berharap ketua umumnya dilirik Jokowi untuk mengisi kabinet. “PKPI memajukan ketua umum kami, Diaz Hendropriyono sebagai kader terbaik PKPI,” ujar Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan, akhir Mei lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top