Artikel

PAN Akan Bersama yang Menang?

Jakarta, (Ngompol) – Partai Amanat Nasional (PAN) tak mau terburu-buru membuka diri untuk bergabung ke koalisi pendukung Jokowi. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, partainya masih terikat dengan koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

“Setelah 22 Mei seperti kata ketua umum bang Zulhas (Zulkifli Hasan) nanti akan diputuskan di internal partai. Apakah nanti PAN akan bergabung dengan parpol pemerintah atau PAN akan berada di luar pemerintah,” kata Viva Yoga di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/5).

Viva mengatakan, PAN masih membuka kemungkinan terhadap apa pun, termasuk bergabung ke barisan pemerintah yang memenangkan pilpres. Adapun jika bergabung ke koalisi Jokowi, menurutnya, tak melulu dinilai karena alasan pragmatis.

“Jadi karena negara ini besar idealnya lembaga-lembaga demokrasi yang ada terutama parpol juga bersatu padu untuk membangun visi Indonesia ke depan,” ujar Viva.

Lebih lanjut, Viva Yoga tak menampik pertemuan Jokowi dan Zulkifli di Istana beberapa waktu lalu turut membahas arah koalisi. Termasuk kehadiran Jokowi pada buka bersama di rumah Zulkifli baru-baru ini.

“Jadi proses komunikasi itu sudah berlangsung dan tidak ada perbedaan dari dulu hingga sekarang. Kita tetap kompak, meski berbeda pilihan politik,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai perpindahan koalisi adalah hal yang biasa saja. Seperti misalnya semula mendukung Prabowo Subianto, kemudian mendukung pemerintahan Jokowi.

“Lima tahun lalu mendukung Prabowo, lalu kemudian mendukung Pak Jokowi, masuk dalam kabinet. Jadi politik itu biasa saja,” ujar JK.

Dia menegaskan konstelasi politik di Indonesia sangat dinamis. Mengenai apakah dia sudah mendengar pembicaraan-pembicaraan tersebut, JK mengaku tidak terlibat pembahasan. “Saya tidak terlibat (pembahasan) lagi untuk yang akan datang,” kata mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top