Artikel

Mbah Moen Menolak Diajak Sumpah Pemilu Curang

Jakarta, (Ngompol) – KH Maimoen Zubair menolak ajakan sumpah mubahalah mengenai tudingan kecurangan di Pemilu 2019. Mbah Moen juga menolak secara tegas permintaan untuk mengeluarkan fatwa pemilu curang.

Hal ini bermula dari pertemuan KH Maimoe Zubair dan keponakannya, pertemuan itu terekam dan videonya pun viral. Dalam video berdurasi 1 menit 55 detik Ishaq meminta kepada Mbah Moen untuk melakukan sumpah mubahalah.

Orang terdekat Mbah Moen, Ahmad Asyrofi. Pria yang akrab disapa Arof itu membenarkan video tersebut. “Iya. (Kejadiannya) kemarin Selasa, (7/5) ba’da Mahgrib,” ujarnya, Kamis (9/5).

Menurut Arof, hal itu terjadi saat Ishaq bersama rombongan kiai dan habaib pendukung paslon 02 menemui Mbah Moen di Ndalem Sarangan, Kompleks Ponpes Al-Anwar.

“(Mereka) menerangkan terjadinya sejumlah kecurangan dalam pemilu kali ini. Kemudian membujuk mbah Moen agar mengeluarkan fatwa, tapi beliau menolak,” katanya.

Mbah Moen dalam menolak permintaan dari keponakan itu juga menjelaskan bahwa dirinya tetap mengikuti keputusan dari penyelenggara pemilu atau pihak terkait.

“Mbah Moen tetap mendukung 01 dan menyerahkan prosesnya kepada KPU, Bawaslu dan MK,” tegas Arof.

Secara terpisah, Gus Ishaq menjelaskan pertemuan dengan Mbah Moen merupakan rentetan kunjungan dirinya dengan para kiai dari Jawa Timur. Ia bermaksud agar Mbah Moen sanggup menjembatani masalah dugaan kecurangan tersebut.

“Kalau bisa ikut menangani, ikut menjembatani. (Mbah Moen) Ke 01 tapi kan orang sepuh nyatanya Pak Prabowo diterima,” kata Gus Ishaq.

Jawaban Mbah Moen itu menurut Gus Ishaq melegakan karena ia menganggap Mbah Moen tidak yakin Jokowi menang. Hal lain yang jadi kesimpulan bagi Gus Ishaq yaitu Mbah Moen legowo siapapun presidennya.

“Mbah Moen spontan bilang tidak yakin. Ukuran Mbah Moen saja tidak yakin, bagaimana mereka,” tandasnya.

“Poin kedua, mbah Moen mengatakan siapapun yang jadi presiden beliau akan taat, penting itu, Mbah Moen kan legowo kalo Prabowo jadi,” pungkas Gus Ishaq.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top