Zulhas: Isu Lingkungan dan Pangan Paling Penting di Debat Kedua

Jakarta, (Ngompol) – Capres nomor urut 01 Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan berhadapan dalam debat kedua Pilpres 2019 dengan tema Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Infrastruktur.

Ketum PAN Zulkifli Hasan menilai tema lingkungan dan pangan menjadi prioritas yang dinantikan masyarakat dalam debat nanti. Menurutnya, kedua tema tersebut memiliki peran penting untuk membangun Indonesia yang adil dan berdaulat. Sumber pangan yang baik, kata dia, dapat membentuk SDA yang berkualitas pula.

“Yang paling penting lingkungan dan pangan. Saya mengatakan bangsa itu akan adil, bangsa itu bisa setara, demokrasinya bisa berkualitas, rakyatnya bisa berprestasi, bisa bagus kalau makannya itu berdaulat,” jelas Zulhas sapaan Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/2).

Zulhas mengatakan lingkungan dan pangan merupakan syarat mendasar bagi seluruh negara. Sehingga debat pada Minggu (17/2) mendatang menjadi penting untuk melihat komitmen capres terhadap dua isu tersebut.

“(Lingkungan dan pangan) itu syarat mendasar dunia di mana pun. Perdebatan besok itu penting sekali mengenai makan ini loh, apa makan itu beras, minyak goreng, gula, dan garam, (masih) banyak (lagi),” paparnya.

Selain itu, Zulhas menilai baik Jokowi dan Prabowo sudah terbiasa dengan debat, sehingga ia menilai keduanya tak perlu membutuhkan persiapan khusus untuk menghadapi debat kedua nanti.

“Debat itu, selalu saya sampaikan, kan ini politisi dua-duanya sudah hari-hari (debat). Jadi kalau mau debat itu santai-santai saja,” sebut dia.

Dalam debat kedua, Zulhas berharap agar kedua capres dapat menghadirkan suasana santai dan rileks. Keduanya diharapkan tidak terlalu tegang dalam debat.

“Ya nyanyi-nyanyi (saat debat) gitu ya, rileks-rileks. Kenapa harus serius sekali. Apalagi harus buat catatan biasa saja kan. Hari-hari politisi kerjanya debat kan,” tutupnya.

Post Author: redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *