Tanggapan Bawaslu soal Penggunaan Konsultan Asing

Jakarta, (Ngompol) – Kabar keterlibatan konsultan asing muncul di Pemilu 2019. Bahkan, kubu Jokowi menuding tim Prabowo menggunakan konsultan politik dan strategi asing dalam Pilpres 2019, seiring munculnya pernyataan Jokowi mengenai propaganda Rusia.

Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin belum bisa memastikan, apakah undang-undang maupun Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) memperbolehkan penggunaan konsultan asing di Pemilu 2019.

“Saya belum cek. Apakah larangan langsung ada, atau tidak,” kata Afif di gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (6/2).

Menurutnya, undang undang dan PKPU hanya melarang penggunaan dana asing untuk Pemilu 2019. “Yang clear itu dana asing enggak boleh, yang clear sumbangan enggak boleh,” ujarnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto membantah sindiran Jokowi. Bantahan mantan Danjen Kopassus itu itu dijelaskan dalam video yang diunggah Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak lewat akun Twitternya yang dikutip Selasa (5/2).

“Assalamualaikum, teman-teman, ketemu lagi bareng Pak Prabowo. Pak, ada pertanyaan bahkan tuduhan, kita pakai konsultan Rusia, benar enggak itu,” kata Dahnil bertanya kepada Prabowo.

Prabowo pun memberikan jawabannya. Ia punya banyak kenalan, termasuk dari Rusia, karena sekadar hubungan bisnis. “Yah enggak. Tidak benar itu, bahwa saya punya teman-teman di mana-mana, ada orang Jepang, Korea, Rusia, Jerman. Saya kan, 20 tahun bisnis di luar negeri,” ungkap Prabowo dalam video tersebut.

Meski punya banyak kenalan di luar negeri, termasuk Rusia, bukan berarti terkait konsultan politik. Ia menekankan, orang asing tak paham dengan dinamika politik di Tanah Air.

“Tetapi, enggak ada konsultan. Bagaimana, bayarnya mahal dan mereka enggak ngerti apa-apa tentang politik Indonesia. Enggak ada itu. Kalau untuk bidang-bidang lain, mungkin, untuk ekonomi, bisnis, dan sebagainya. Tapi kalau politik, sama sekali enggak ada,” papar Prabowo menjelaskan.

Post Author: redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *