Bikin e-KTP

Buat e-KTP Saat Ini Lebih Mudah, Apa Saja Syaratnya?

Ngompol – Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Dengan Perpres itu, masyarakat kini lebih dimudahkan dalam membuat kartu identitas.

Bikin e-KTP
Bikin e-KTP

Perpres itu diundangkan sejak 18 Oktober 2018. Perpres ini menggantikan aturan sebelumnya, Perpres Nomor 25 Tahun 2008. Menurut Perpres ini, pelayanan pendaftaran penduduk terdiri atas pencatatan biodata penduduk, penerbitan KK (Kartu Keluarga), penerbitan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), penerbitan surat keterangan kependudukan, dan pendaftaran penduduk rentan Administrasi Kependudukan.

Bikin e-KTP
Bikin e-KTP

Seperti tertulis dalam Pasal 14 Perpres 96/2018, penerbitan e-KTP bagi warga negara Indonesia (WNI) atau warga asing terbagi menjadi: penerbitan e-KTP baru, penerbitan e-KTP karena pindah datang, penerbitan e-KTP karena perubahan data, penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak, dan penerbitan e-KTP di luar domisili.

#e-KTP

#Perpres

#Ngompol

Post Author: redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *